Selasa, 20 Mei 2008

Perawatan Diri Saat Haid

Perawatan Diri Saat Haid

N. Kholida M, S.Psi

Kondisi haid membuat kita harus merawat kebersihan diri lebih ekstra, karena darah haid sangat rentan menimbulkan iritasi bahkan infeksi. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan saat haid :

1. Untuk menjaga kebersihan, hendaknya mengganti pembalut secara teratur sebanyak minimal 3 kali sehari (atau tergantung volume darah yang keluar) setelah mandi atau buang air kecil

2. Pilih pembalut yang daya serapnya tinggi, tidak mengandung zat kimia berbahaya, tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

© Sebaiknya

- Jangan membuang pembalut sebelum membersihkan darahnya. Jika kontak dengan udara bisa menyebabkan penyakit.

- Jangan membuang sisa pembalut di kloset karena akan menyebabkan penyumbatan.

- Jika membuang di tempat sampah, pastikan tertutup rapi. Jangan membungkusnya dengan plastik rapat, hal ini menyebabkan sampah sulit terurai.

3. Sebisa mungkin rapihkan bulu kemaluan agar darah tidak banyak yang menempel di sekitar vagina, sehingga rentan akan infeksi atau iritasi.

4. Potong kuku dengan rapih, cuci tangan sebelum menyentuh daerah kemaluan. Jangan menyentuh bagian dalam kemaluan, apalagi ketika sedang haid.

5. Gunakan kapas atau tisu lembut untuk membersihkan sisa darah di sekitar lubang vagina.

6. Jaga kebersihan celana dalam, jika perlu bisa mencuci celana dalam dengan campuran sedikit disinfektan pada bilasan terakhir untuk membunuh jamur dan bakteri.

Bagaimana mensucikan diri setelah haid

Jika seorang muslim telah selesai/berhenti dari mengeluarkan cairan berupa darah (haid atau nifas) atau mani, maka wajib atasnya bersuci dengan cara mandi. Jika hal ini telah dilakukan maka, maka ia bisa kembali melakukan ibadah seperti solat dan puasa. Sebaliknya, jika mandi ini tidak dilakukan, maka ibadahnya dianggap tidak sah.

Tata cara mandi 'Besar'

Dalam sebuah hadis rasulullah mengajarkan pada kita bagaimana bersuci setelah janabat dengan cara mandi ;

Rasulullah Saw ketika hendak mandi janabat, beliau memulai dengan mencuci tangannya, dua atau tiga kali, kemudian menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya, kemudian mencuci kemaluannya, lalu berwudhu. Setelah itu mengambil air dan meletakkan jari-jarinya di pangkal rambut, kemudian menyiramkan air dengan kedua tangannya ke kepalanya tiga kali lalu mengguyurkan air ke seluruh badannya (HR Bukhari) . dalm Riwayat Tirmidzi dikatakan, lalu ia mencuci kedua kakinya.

Dalam hadis lain disebutkan :

"hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil daun bidara (sejenis daun yang harum) dan air kemudian bersuci dengannya sebaik mungkin. Setelah itu menyiramkan air ke kepala dengan memijitnya dengan kuat, sehingga meresap hingga ke kulit. Lalu menyiramkan air ke seluruh tubuhnya dan seteah itu mengambil potongan kain yang diberi wewangian , kemudian menggunakannya untuk bersuci"

Dari hadis di atas dapat disimpulkan tatacara mandi setelah keluiar darah haid, nifas atau mani adalah :

a. berniat

b. mencuci kedua tangan sebelum dimasukkan dalam bejana/bak

c. mencuci kemaluan

dianjurkan membersihkan darah dengan kapas dan mengoleskan minyak zaitun atau wewangian alami di sekitar kemaluan.

d. berwudhu

e. mandi dengan cara membasahi seluruh tubuhs ebanyak tiga kali dimulai dari kepala

f. mencuci kedua kaki

Selain aktivitas di atas disunnahkan melakukan aktivitas : membaca basmalah, mendahulukan bagian tubuh kanan atas yang kiri, menggosok seluruh tubuh dan menghilangkan kotoran selain najis.

Memperhatikan asupan makanan saat haid tiba

Darah yang keluar saat haid sekitar antara 50-150 ml liter. Tentu saja pengeluaran darah yang cukup banyak ini membuat kita kehilangan banyak energi. Belum lagi perubahan aktivitas hormonal pada tubuh selama haid. Sebenarnya saat haid, kita membutuhkan asupan makanan yang tepat untuk mengganti sel darah yang keluar dan memulihkan energi. Kekurangan zat esensial pada saat haid bisa menyebabkan anemia.

© Sebaiknya

-- konsumsi makanan yang mengandung zat besi terutama yang berasal dari sayur dan kacang-kacangan

- kurangi makanan berlemak (hewani) dan mengandung kolesterol.

- Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi, kafein, alkohol dan soda.

Kita tetap bisa beraktivitas

Keluarnya darah dan cairan tubuh, serta perubahan hormonal memang membuat perempuan lebih mudah lelah sewaktu haid. mengkonsumsi makanan dengan gizi tepat dan istirahat yang cukup akan membuat kita lebih segar dan cukup energi untuk menjalankan aktivitas. Sedikit pemanasan di pagi hari akan membuat kita lebih siap memulai aktivitas hari itu. Mandi akan membuat badan segar, bebas bau dan nyaman untuk tetap beraktivitas.

TIPS : Mengatasi rasa nyeri saat menstruasi :

o Tarik nafas secara perlahan untuk relaksasi

o Cobalah untuk berjalan

o Cobalah untuk menungging sehingga posisi rahim tergantung ke bawah untuk membantu relaksasi otot rahim

o Kompres dengan botol hangat tepat pada bagian yang terasa kram/tegang (biasanya di perut atau pingngang bagian belakang)

o Minumlah air hangat, jika suka tambahkan jahe atau madu

o Jangan biasakan menggunakan obat anti nyeri (haid) tanpa sepengetahuan dokter

o Tekanlah bagian yang empuk antara jempol dan telunjuk dan lakukan pemijatan untuk mengurangi raasa sakit akibat haid( titik refleksi)

Dari Berbagai Sumber.











2 komentar:

thamy mengatakan...

menarik,.

Fia mengatakan...

Wah lengkap nih !